Rabu, 18 Januari 2012

MACAM-MACAM TANAMAN YANG BISA DIJADIKAN OBAT

1.LIDAH BUAYA



Mungkin teman-teman sudah tahu dan tidak asing dengan daun yang satu ini, daun lidah buaya yang sangat banyak sekali dijumpai di sekitar rumah-rumah perkampungan.

Di masyarakat daun lidah buaya mungkin lebih dikenal untuk menyehatkan rambut, tetapi kenyataannya daun lidah buaya masih memiliki banyak manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan.

Tanaman daun lidah buaya atau Aloevera ini sudah dikenal sejak zaman dahulu, bahkan tanaman ini sudah digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit pada zaman mesir kuno.

Mungkin kami tidak akan panjang lebar dalam membahas khasiat atau manfaat dari tanaman lidah buaya ini, berikut manfaat dari lidah buaya untuk kesehatan:

1. Mengatasi Radang Kulit

Terkadang kalau kita terlalu lama terkena sinar matahari, kulit kita menjadi seperti kering. Nah dengan cairan (gel) yang diambil dari lidah buaya ini, banyak para ahli kesehatan mengatasinya denan memakai lidah buaya ini.

2. Merawat Kulit

Lidah buaya juga terdapat Zat lignin, Zat lignin yang dikandungnya diyakini dapat menembus sekaligus meresap ke dalam kulit serta menahan hilangnya cairan dari permukaan kulit. Dengan demikian kulit jadi tidak cepat kering sementara kelembapannya tetap terjaga.

Manfaat yang lainnya dari lidah buaya sebagai berikut:

* Mengobati luka usus

Ini terjadi karena makanan yang masuk tidak terkontrol atau terlalu sering mengonsumsi makanan "keras" yang kelewat merangsang asam lambung. Konsumsi lidah buaya diyakini dapat menyembuhkan luka usus karena mengandung zat saponin yang mampu membersihkan usus sekaligus bersifat antiseptik. Senyawa antrakuinonnya berfungsi sebagai antibiotik, dan zat-zat lainnya berfungsi menjalankan peran epitelisasi atau merangsang pertumbuhan jaringan kulit dari sel-sel baru.

* Menyembuhkan penyakit langganan

Siapa sangka kalau lidah buaya ternyata dapat mengatasi berbagai penyakit langganan pada anak-anak maupun dewasa, antara lain demam, nyeri lambung/mag, sembelit, wasir, bisul, batuk, radang tenggorokan, sariawan, ruam, gigitan serangga, bahkan menghilangkan jerawat dan mengikis noda hitam di wajah.

* Membantu metabolisme tubuh dan regenerasi sel

Kandungan enzim cellulose, amylose, protein dan biogenik simulator merupakan zat aktif dapat membantu metabolisme dan merangsang pertumbuhan dan regenerasi sel-sel kulit.

* Penyubur rambut

Di masyarakat lidah buaya paling banyak digunakan untuk merawat rambut, karena mereka yakin dengan lidah buaya ini rambut mereka akan lebih subur.

Cara Meramu: 2 pelepah lidah buaya dicuci lalu kupas. Isinya digosokkan pada kulit kepala yang telah dikeramas pada sore hari. Bungkus dengan kain. Keesokan harinya rambut dibilas. Lakukan setiap hari selama 3 bulan.

* Penurun kadar gula darah

Untuk masayarakat yang mempunyai penyakit gula darah, bisa memanfaatkan lidah buaya ini sebagai obat alternatif. Karena memanfaatkan ini berarti kita tidak akan mengeluarkan banyak biaya periksa dan biaya obat penurun kadar gula darah tersebut.

Cara Meramu: 1 pelepah lidah buaya ukuran besar (kira-kira seukuran telapak tangan) dibersihkan dengan mengupas kulit dan durinya. Rendam sekitar 30 menit dalam air garam. Remas sebentar lalu bilas di bawah air yang mengalir (air kran). Rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Dinginkan. Minum sebanyak 1/2 gelas, 2 sampai 3 kali sehari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar