Rabu, 18 Januari 2012

4. BINAHONG

daun binahong 300x225 Daun Binahong si Herbal Misterius Kaya Manfaat
Add caption
Binahong-Tumbuhan merambat ini misterius karena belum banyak literatur maupun penelitian ilmiah yang mengungkapkan khasiatnya. Namun, secara empiris, masyarakat memanfaatkan daun binahong untuk membantu proses penyembuhan beragam penyakit.
Binahong (Latin : Andreada cordifolia (Tonore) Stenis, Inggris : Heartleaf maderavine madevine) adalah tanaman obat dari daratan Tiongkok (Cina) yang dikenal dengan nama asli Dheng San Chi. Tumbuhan ini telah dikenal memiliki kasiat penyembuhan yang luar biasa dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan dll. Di kawasan Asia Tenggara, tumbuhan ini merupakan konsumsi wajib penduduk Vietnam ketika melawan invansi Amerika, namun sayangnya daun binahong ini masih asing untuk daerah Indonesia.
Hampir semua bagian tanaman binahong seperti umbi, batang dan daun dapat digunakan dalam terapi herbal. Tanaman ini memang tumbuh baik dalam lingkungan yang dingin dan lembab.
Belum Diteliti
Secara empiris beragam khasiat daun binahong telah diakui, tetapi tidak secara ilmiah. Meski daun binahong ini cukup dikenal di negara Eropa maupun Amerika, para ahli di sana belum tertarik untuk mengurai materi kimia di dalamnya secara serius dan mendalam.
Namun, seperti diungkapkan dalam situs di luar negeri, tumbuhan yang juga dikenal dengan sebutan Madeira Vine ini dipercaya memiliki kandungan antioksidan tinggi dan antivirus. Kini tumbuhan binahong masih diteliti meski dalam lingkup terbatas.

Kandungan daun binahong :
Berdasarkan hasil penelitian, daun  binahong mengandung saponin, alkaloid dan polifenol  (Annisa, 2007).  Saponin merupakan senyawa aktif permukaan dan bersifat seperti sabun.  Penyarian senyawa saponin akan memberikan hasil yang lebih baik sebagai antibakteri jika menggunakan pelarut polar seperti etanol 70% (Harborne, 1973).  Saponin memacu pembentukan kolagen, yaitu protein struktur yang berperan dalam  proses penyembuhan luka (Suratman et al., 1996).

Manfaat Daun Binahong :
Beberapa manfaat dari daun binahong antara lain :
  1. Mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi, melahirkan, khitan, segala luka-luka luar maupun dalam, dan radang usus.
  2. Melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah.
  3. Mencegah stroke, maag, dan asam urat.
  4. Menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh.
  5. Wasir (ambeien), melancarkan buang air kecil, buang air besar.
  6. Diabetes.
  7. Obat jerawat
  8. Pusing-pusing.
  9. Sariawan berat.
  10. Sakit perut.
  11. Penyakit kulit ( gatal – gatal )
  12. Untuk memperlancar peredaran darah di syaraf-syaraf otak.
  13. Membantu proses penyembuhan berbagai macam penyakit batuk /muntah darah, kencing manis, sesak nafas, darah tinggi / darah rendah, radang ginjal, maag kronis, lemah syahwat, gangguan fungsi jantung dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar